Bagaimana Robot Hijrah di Indonesia ?

            Robot adalah salah satu penemuan yang paling mengagumkan dalam sejarah kehidupan manusia. Dan uniknya, perkembangan robotika awalnya bukan dari disiplin elektronika. Sekitar tahun 1495, sebelum Leonardo da Vinci membuat lukisan 'Perjamuan Terakhir', ia merancang robot humanoid pertama. Istilah robot sendiri berasal dari pengarang cerita novel maupun pertunjukan drama.

         Ia adalah seorang penulis fiksi ilmiah berkebangsaan Ceko, Karel Capek. Pada tahun 1920an, Capek memperkenalkan istilah robot yang memiliki arti “pekerja” (worker). dalam sebuah karya sandiwaranya yang bertajuk 'Rossum’s Universal Robot' dalam plot sederhana: manusia membuat robot maka robot membunuh manusia!
Kemudian pada tahun 1941, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pertama kali menggunakan kata 'robotics' untuk memaparkan teknologi robot dan meramalkan munculnya industri robot yang kuat.
Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik di bawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence).



        Sejauh ini, belum ada data yang dapat memberikan kepastian mengenai kapan robot, sebagai teknologi, mulai dikembangkan di Indonesia. Namun mulai tahun 80-an, kebijakan nasional dalam pengembangan riset teknologi telah memberikan dukungan pada litbang permesinan otomatis dalam rangka mencermati dan menunjang Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki minat dan kemampuan untuk menguasai teknologi robot. Salah satu wujud konkretnya adalah dikembangkannya sejumlah laboratorium, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB, Industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI.

      Tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan robot di Indonesia adalah Endra Pitowarno, yang merupakan salah satu dosen dari PENS-ITS. Pada tahun 1989, Endra bersama empat dosen lainnya mengikuti joint research atau training di Kumamoto National College of Technology, Jepang.

       Sejak dikembangkannya sejumlah laboratorium tersebut, beraneka macam permesinan otomatis / robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi, serta dikomersilkan oleh berbagai industri, baik industri strategis maupun industri lainnya di Indonesia. Bahkan dalam pengembangan robot terbaru saat ini, telah dikembangkan jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi suatu pabrik,perfileman,kesehatan ,pembelajaran ,hiburan dan masih banyak yang lainnya.
   
       

Komentar

Postingan Populer

like and follow :)