Probolinggo Punya..


      Prasadja Ngesti Wibawa itulah seboyan bagi kota penghasil buah mangga ini.probolinggo adalah kota yang bermoto bestari baru merekakan daerahnya pada tanggal 25 juni 2015 yang bernama kota kraksaan.
  
    Pada zaman Pemerintahan Prabu Radjasanagara (Sri Nata Hayam Wuruk) raja Majapahit yang ke IV (1350-1389), Probolinggo dikenal dengan nama “Banger”, berada pada 7° 43′ 41" sampai dengan 7° 49′ 04" Lintang Selatan dan 113° 10′ sampai dengan 113° 15′ Bujur Timur dengan luas wilayah 56,667 Km². Kota Probolinggo, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100
km sebelah tenggara Kota Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan tengah. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar.
     Kota Probolinggo mempunyai perubahan iklim sebanyak 2 musim setiap tahunnya, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Masyarakat Probolinggo dilihat dari sosial budaya sebagian berasal dari budaya agraris (petani dan nelayan) dan berkembang menjadi masyarakat urbanis. Sedangkan ditinjau dari suku, sebagian besar merupakan Suku Jawa dan Madura yang terkenal ulet, lugas, terbuka, dan kuat dalam mengarungi kehidupan (berjiwa wiraswasta tinggi). Selain itu perpaduan masyarakat dan budaya yang masih asli dicerminkan dengan gotong royong, dan adat budaya khas, serta diwarnai dengan unsur Islam.
     Tari kiprah Glipang ialah tarian rakyat yang berkembang didesa pendil,banyuayar probolinggo.trian ini melambangkan gagahnya seorang pemuda yang tengah berlatih keprajuritan.pada saat ini tarian ini telah menjadi salah satu cirri khas probolinggo dan sering ditarikan diacara yang diselenggarakan oleh pemkab probolinggo.selain itu
     Selain terkenal akan buah mangga dan anggur, Probolinggo juga banyak bergerak pada makanan kecil atau camilan khas Probolinggo. Salah satunya adalah keripiki Kentang,krupuk ikan tenggiri,dan
Produk lainnya adalah Pokak, yaitu minuman yang terbuat dari rempah-rempah Indonesia, seperti; kayumanis, jahe dan gula. Minuman ini dikemas ke dalam botol dan dikategorikan dalam minuman kesehatan.
     Probolinggo dikenal sebagai kota singgah dalam perjalanan pariwisata menuju Gunung Bromo. Secara umum Probolinggo dijangkau oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara melalui Surabaya dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus maupun kereta api.selain keindahan gunung bromo,probolinggo masih punya tempat wisata yang tak kalah kerennya seperti gunung argupuro dengan puncak rengganisnya,air terjun madakaripura yang berbentuk curung,arum jeram sungai pekalen yang berkelok dan bertebing,pantai bentar,danau ronggojalu ,candi jabung dan masih banyak yang lainnya.

Komentar

Postingan Populer

like and follow :)